top of page

Diskresi#2: ANATOMI MUSIK KONTEMPORER


Anatomi Musik Kontemporer

Slamet dalam Karya, Laku, dan Ilmu

Bertepatan dengan mengenang 2 tahun meninggalnya Slamet Abdul Sjukur, --dikenal sebagai bapak musik kontemporer Indonesia. Diskresi mengangkat issue tentang "Anatomi Musik Kontemporer - Slamet dalam Karya, Laku, dan Ilmu"

Judul tersebut diambil dari tajuk ceramah Mas Slamet (sapaan akrab Slamet A. Sjukur) pada tahun 1977 di Jakarta, setelah kepulangannya dari Perancis (sumber arsip Dewan Kesenian Jakarta). Tajuk tersebut akan dijelmakan kembali setelah 40 tahun kali pertama dipresentasikan Mas Slamet. Namun, tentu saja dengan konteks yang lebih aktual.

Istilah kontemporer sering kali mengundang banyak polemik, khusunya yang terjadi di Padang. Ada yang pro dan ada pula yang kontra. Di sisi lain, tanpa disadari, hampir setiap dari kita telah mengalami semangat "laku" kontemporer tersebut. Namun, "laku" yang tak kasat mata dan mungkin tanpa sadar. Kesadaran menjadi hal penting dalam menjalani hidup di masa kini.

Jika kata "kontemporer" bersanding dengan kata "musik", maka akan menghadir polemik baru yang (bisa jadi) tak pernah berhulu-hilir. Pemahaman tentang musik kontemporer hingga kini masih sebatas "memahami tentang" bukan "memahami dari". Oleh sebab itu kita terjerembab dalam ranah "abu-abu" tentang "bisik" musik kontemporer yang tak berujung.Melalui diskusi ini, kita akan menggali "musik kontemporer" dari laku dan ilmu Slamet A. Sjukur.

Acara ini menjadi bagian dari Mengenang 2 Tahun Meninggalnya Slamet A. Sjukur yang serentak di selenggarakan di 7 kota di Indonesia pada tanggal 24-27 Maret 2017. Kota-kota penyelenggara acara serupa antara lain Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Bogor, Pontianak, Papua.

Pemasalah utama tajuk ini adalah tamu dari Jogjakarta, yaitu Erie Setiawan; Musikolog, Penulis, dan Direktur Art Music Today. Erie akan didampingi oleh Diecky K. Indrapraja; Komponis, Pendidik, dan Direktur Indrapraja Music Institute.

==================================

Sabtu, 25 Maret 2017 16.00 - 21.00 Opung Waffle and Coffee Jalan Rokan No 6 GOR H. Agus Salim Padang GRATIS & terbuka untuk umum.

Kolaborasi Lintas Jejaring:

🔅Pertemuan Musik

🔅Kumpulan Bunyi Sunya

🔅Art Music Today

🔅Indrapraja Music Institute

🔅Diskresi Padang

🔅Balaan Tumaan

🔅Log Sanskrit

🔅ISI Padang Panjang

🔅Komunitas Action Papua

🔅Opung Waffle & Coffee

Poster Mengenang 2 Tahun Slamet A. Sjukur di tempat-tempat lainnya.

reading, listening, silence.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page