top of page

Dibuka: Online Class KONTRAPUNG


Online Class KONTRAPUNG Angkatan 3

Mulai: Kamis, 3 Agustus 2017 Jadwal: 2x dalam sepekan, hari Senin dan Kamis Pukul: 19.00 - 21.00 wib Jumlah Pertemuan: 24x pertemuan (3 bulan) Kelas libur tanggal 31 Agustus 2017 (Idhul Adha), 21 September 2017 (Tahun Baru Islam) Jumlah Peserta : Enam orang

YANG DISARANKAN UNTUK MENGIKUTI KELAS ONLINE KONTRAPUNG

  • Instruktur Musik, Guru Musik, dan Mahasiswa Musik yang ingin menyegarkan kembali pengetahuannya tentang Kontrapung.

  • Pelajar SMA/SMK yang berencana akan melanjutkan studi ke sekolah musik.

  • Masyarakat Umum yang ingin melengkapai pemahaman musik secara komprehensif.

KONTRAPUNG Kontrapung/Counterpoint/Contrapunctus merupakan seni mengolah atau menghubungkan antar nada dalam kacamata kajian musik Barat. Hubungan antar nada secara horizontal dikenal sebagai melodi. Adapun hubungan nada secara vertikal dikenal sebagai harmoni. Kontrapung merupakan seni mengolah melodi dengan jalan menyambungkan, mengkombinasikan, menempatkan, ataupun merajut nada secara terukur dengan nada lainnya berdasarkan sistem harmoni terkait.

Pengolahan melodi secara kontrapuntal populer di zaman Barok. Meskipun demikian, hingga kinipun penggarapan melodi secara kontrapuntal masih digunakan, baik secara ketat maupun bebas.

Hampir semua jenis musik memiliki aspek melodi di dalamnya. Oleh sebab itu, ilmu kontrapung merupakan teori terapan musik yang penting dalam hal mengolah melodi.

Dalam pembelajarannya akan sangat terkait dengan komposisi musik, analisis musik, dan apresiasi (listening). Terdapat juga quiz pada setiap pertemuannya. Quiz tersebut berkisar tentang penguasaan materi pada pertemuan sebelumnya, music vocabulary, dan konsep sintaksis dari teori dan praktik di dalam musik.

Indrapraja Music Institute menerapkan kurikulum, metode, dan strategi belajar musik teraktual, namun tetap kontekstual pada pembelajar. Sebuah cara baru merasionalisasikan rasa dalam musik.

PESERTA YANG BISA MENGIKUTI KELAS ONLINE KONTRAPUNG Peserta yang hendak mengikuti studi kontrapung IMI diharapkan telah memiliki bekal dalam tata tulis notasi barat dan pemahaman dasar-dasar musik. Untuk peserta yang belum memiliki bekal tersebut, dapat mengikuti kelas teori musik IMI.

PENGAJAR UNTUK KELAS ONLINE KONTRAPUNG Diecky K. Indrapraja (Komponis, Pendidik, dan Peneliti Musik) 🔅 instagram 🔅 diecky.jigsy.com

MEDIA BELAJAR YANG DIGUNAKAN Proses belajar kelas online Kontrapung akan dilaksanakan melalui telegram messenger. Unduh aplikasinya di https://telegram.dog/ Peserta yang telah mendaftar akan diundang ke dalam grup oleh IMI. Sangat disarankan untuk mengikuti proses belajar dengan menggunakan laptop atau pc, bukan menggunakan HP.

BIAYA INVESTASI Rp 200.000/perbulan, tiga kali investasi Pendaftaran paling lambat Selasa 1 Agustus 2017 atau pendaftaran ditutup ketika kuota kelas telah terpenuhi.

CARANYA MENDAFTAR Silakan transfer investasi ke:

Bank Mandiri no. rek. 146-000-725-225-2 Bank Mandiri cab. A. Yani, Pontianak a.n. Diecky Kurniawan Indrapraja

Kirim bukti transfer ke: indrapraja.music@gmail.com, atau (wa, telegram, line) ke nomor 0817628211, atau melalui BBM beserta data diri dengan format:

  1. Nama:

  2. No.Hp/TG:

Konsultasi tentang deskripsi belajar, cara belajar, dan bagaimana belajar di IMI, serta materi yang sesuai dengan kebutuhan calon peserta dapat menghubungi:

NB. Ada program private online bagi yang ingin belajar secara personal.

reading, listening, silence.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page