top of page

Nonton & Bincang Film: "FRANK ZAPPA - The Present Day Composer Refuses to Die"


Nonton dan Bincang Film "FRANK ZAPPA - The Present Day Composer Refuses to Die"

pembahas: Diecky K. Indrapraja

Minggu, 29 Juli 2018 18.00-20.30

UR the Radio Jl Gayungsari Timur III No 23 Surabaya

Frank Zappa dikenal sebagai komponis, gitaris, dan produser musik asal Amerika pada era 1940-1990an. Dieter Mark menyebutnya sebagai komponis yang berdiri di dua pintu berbeda, pintu pertama adalah pintu musik industri dan pintu kedua adalah pintu musik eksperimental. Idealisme dan kreativitasnya mampu mengalahkan takdirnya hidupnya. Selain tidak pernah akur dengan para produsernya (sebelum menjadi produser untuk dirinya sendiri), Zappa juga memiliki karya yang bahkan sampai ia meninggal sekalipun masih ada karya yang belum sempat dipentaskan secara perdana.

Film yang berjudul "FRANK ZAPPA - The Present Day Composer Refuses to Die" dibuat pada tahun 2000 oleh sinematografer asal Belanda, Frank Scheffer. Film ini merupakan representasi hidup dan bakti Zappa pada musik. Seorang komposer "masa kini" yang menolak untuk "mati", visoner, provokatif dan evokatif.

Laju arus informasi saat ini kadang justru membuat kita gagap dan gugup, hingga berujung apriori. Sesuatu yang bersifat baru sering kali dianggap mengganggu hegemoni kemapanan. Kita merasa merdeka, sekaligus terbelenggu. Mudah-mudahan melalui acara nonton bareng dan bincang film ini dapat menjadi refleksi bagi kita untuk tetap "waras". Sebagaimana pesan Zappa yang masih relevan untuk hal ini, "a mind is like a parachute. It doesn't work if it is not open"

====

Donasi sukarela

Info dan registrasi : Siska 08175174696

reading, listening, silence.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page